PENELITIAN TINDAKAN NYATA

Penelitian tindak nyata (action research) sebagai proses penelitian

Perlu dipahamami bahwa penelitian tindak nyata (Action research) juga merupakan salah satu bentuk penelitian, namun tidak sama dengan penelitian biasa, penelitian ini dapat digunakan untuk melengkapi teori ilmu pengetahuan tentang organisasi dan mengadakan perubahan sosial. Clark mengemukakan mengemukakan beberapa beberapa bentuk penelitian sosial. Yaitu:

  1. pure basic research (penelitian dasar yang murni), penelitian ini sifat dan tujuannya adalah untuk mengembangkan disiplin dasar tertentu. Tujuannya terutama untuk memecahkan, mengklarifikasikan atau pemperinci model-model teoritis.

  2. basic objektive research (penelitian objektif dasar), merupakan penelitian yang bersifat umum dalam penerapan dari pengetahuan-pengetahuan tertentu.

  3. evaluation reseach (penelitian untuk evaluasi), merupakan penelitian yang ditujukan untuk mengevaluasi hasil kerja dalam suatu organisasi.

  4. aplied reseach (penelitian terapan), yaitu penelitian yang langsung dikaitkan dengan suatu usaha-usaha untuk memecahkan persoalan-persoalan yang terdapat dalam suatu organisasi.

  5. action reseach (penelitian tindak nyata), action reseach hampir sama dengan penelitan terapan dalam arti kedua-duanya bertujuan untuk memecahkan persoalan yang terdapat dalam suatu organisasi. Namun perbedaan mendasar diantara kedua penelitian ini adalalah, penelitian terapan hanya bisa dimanfaatkan untuk organisasi yang melakukan penelitian itu dan hanya merupakan langkah umpan balik. Penelitian tindak nyata selain untuk keperluan organisasi tertentu juga bisa dimanfaatkan untuk organisasi lain bahkan untuk dunia ilmu pengetahuan.

Untuk memberikan pemahaman lebih lanjut tentang penelitian tindak nyata berikut kita bahas beberapa poin yang perlu diapahami dalam penelitian tindak nyata.

  1. pemahaman terhadap adanya persoalan

  2. adanya pengembangan model dan hipotesis, pengembangan model hipotesis ini dikembangakan berdasarkan hasil pengamatan para oanggota organisasi itu sendiri atas kenyataan dan hubungan antar bebagai faktor yang terdapat dalam organisasi itu.

  3. pengumpulan data berorientasi kepada hipotesis. Pengumpulan data dibimbing oleh persepsi awal peneliti mengenai persoalan yang terdapat dalam organisasi berdasarkan kenyataan-kenyatan yang terdapat dalam organisasi tersebut.

  4. adanaya penggunaan hasil penelitian, penelitian dimaksudkan untuk memecah kan persoalan-persolan yang terdapat dalam organisasi dan juga dapat melengkapi teori organisasi pada umumnya.

Berikut tabel perbedaan penelitian tindak nyata dengan penelitian lainnya.

Research lainnya

Apa yang sedang terjadi

Pengumpulan data oleh peneliti

Interprestasi oleh peneliti

Penyimpulan oleh peneliti

Reseach action

Apa yang sedang terjadi

Pengumpulan data oleh peneliti dan anggota organisasi

Peneliti membarikan umpan balik dan anggota ikut serta dalam analisa data

Hipotesa baru

Penyusunan rencana perdoalan secara bersama

Contoh penelitian Tindak nyata (Action Reseach)

Pemanfaatan media gambar untuk peningkatan penguasaan tata krama jawa siswa kelas i sltp/ lb-e bhina putera surakarta.

Fokus Masalah:

Permasalah penelitian tindakan ini adalah “Apakah media gambar dapat meningkatkan penguasaan tata karma Jawa bagi siswa kelas I SLTP/ LB-E Bhina Putera Surakarta?”

Setting Penelitian

Di kelas I SLTP/ LB-E Bhina Putera Surakarta Jl. Krakatau Utara No. 3 Cengklik Surakarta, atau tepatnya di Desa Nusukan, Bibis Baru, Surakarta.

Subjek Penelitian

Subjek penelitian adalah siswa kelas I SLTP/ LB-E Bhina Putera Surakarta pada tahun ajaran 2000/ 2001. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa, satu siswa putrid dan tiga putra.Instrument Penelitian

Instrument penelitian yang digunakan

adalah lembar pengamatan dan tes.

Teknik pengumpulan Data

Metode-metode yang digunakan untuk memperoleh data penelitian tindakan ini adalah sebagai berikut:

Ide Awal

Sebelumnya peneliti berkunjung ke SLB-E Bhina Putera Surakarta dengan rekan-rekan mahasiswa PLB. Disana peneliti menemukan permasalahan seperti yang dirasakan guru bidang studi bahasa Jawa yaitu kesulitan dalam hal tata karma.

Kegiatan tahap persiapan sebagai tahap pertama adalah dengan melakukan prasurvei.

Kegiatan tahap kedua, ada beberapa tahap persiapan yang dilakukan untuk memperoleh data yaitu: (1) pengamatan (observasi), dan (2) tes.

Teknik Analisis Data

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini adalah teknik deskriptif dengan mendeskripsikan peningkatan penguasaan tata karma Jawa dari hasil pengamatan dan tes.

Pemeriksaan Keabsahan Data/ Validitas dan Reliabilitas

Validitas

Untuk menjaga validitas instrument tersebut, maka tes yang diberikan disesuaikan dengan isi materi pelajaran yang terdapat dalam buku dan kurikulum. Walaupun belum ada kurikulum tetapi dalam penelitian ini tetap menggunakan kurikulum SLTP. Hal tersebut berdasarkan kesepakatan kolaborator dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi serta kemampuan siswa tunalaras.

Reliabilitas

Untuk mengetahui reliabilitas instrument digunakan test-retest method atau metode tes ulang, dimana tester hanya menggunakan satu seri tes, tetapi percobaannya dilakukan sebanyak dua kali. Kemudian hasil dari kedua kali tes tersebut dihitung kolerasinya dengan rumus koefisian alpha-cronbach.

Simpulan Penelitian

Hasil penelitian dan pembahasan penelitian tindakan ini, adalah implementasi tindakan berupa penggunaan media gambar, dapat meningkatkan pengusaan tata karma bagi siswa tunalaras.

Daftar pustaka

Indrawijaya, adam. Peribahan dan pengembangan organisasi, sinar baru, bandung, 1983.

http://www.uny.ac.id/akademik/sharefile/files/0612200783604_Contoh_penelitian_Tindakan_ayu.doc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: